Kamis, 13 Maret 2008

Sharing Pengalaman dari Alumni DSC

Kelvin Wenas alumnus Digital Design angkatan VII, mensharingkan pengalamannya setelah satu tahun lulus dari DS. Bekerja di Jakarta dan sekarang lompat ke Spore.

Berikut ini sharing pengalamannya:

kemaren kan terakhir kerja di batavianet, begitu 1 taon kerja saya keluar bu, sekarang keterima di perushaan di singapore XD jadi tinggal di sini, sama sambilan nunggu Employment passnya keluar.

yang di bawah ini bisa buat kasih tau ke anak2 digital studio lainnya.
uits, gw anak digital studio college angkatan 7, dari sekian banyaknya mata kuliah gw cenderung masuk ke Multimedia, sekarang gw diterima di perusahaan di singapore (tinggal nunggu S pass keluar doang, tgl 25 Februari mulai masuk kerja) ini sebagian sharing buat yang kira kira mau kerja di singapore.

cari kerja di www.jobsdb.com, www.monster.com.sg, jobstreet, etc etc lah, kalo bisa apply kerja sebelom jalan ke sono, dan biarin itu kontak cuman ada di email, jadi kalo dia minta interview atau apa, dari panggilan pertama baru jalan ke singapore, buat lebih detail bisa email gw sih kalo mao.
sebenernya kendala utama cari kerja di singapore rata rata itu :

-"Only Singaporean/ PR and Malaysians may apply."
ini kata-kata yang paling sering keliatan pas apply work dari luar, sebagian ga cantumin tapi tetep ada ginian, jadinya kalo ga diproses ato dikontak tandanya ini dah ga lewat deh, kalo lu banyak duit, apply PR dulu, lebih gampang dapet kerjanya, soalnya disini sistem slot, setiap X orang singaporean cuman boleh ada 1 foreigner (diluar PR kayaknya)

-"Bilingual in English & Mandarin"
walaupun ga terlalu sering keluar tapi ini sesekali jadi kendala juga, karena rata2 orang indonesia ga bisa mandarin.

-"Qualification - Diploma "
ini yang paling menguntungkan buat anak2 Digital Studio college XD, 95% perusahaan yg gw liat ga pernah nyebut "Degree" dan lebih memilih "Work Experience"

-"work experience"
yaah ini sih sisanya, kalo kerja di satu bidang terus dan apply ke bidang yang sama, karena biasanya portfolio makin bagus jadinya gampang keterima kerja, gw pernah apply juga kok ke yang work experience perlu 2 taon sementara gw baru kerja 1 taon karena merasa portfolio bagus wkwkwkwk. jadi spesialisasi diperlukan

selain work experience dia orang sangat menghargai "Porftolio", pas dateng interview boro boro gw bawa ijasah, sertifikat digital studio ato yg adobe punya, dateng cuman bawa badan, flashdisk 1, sama dompet, pulang bawa employment pass application form buat ngurus ijin kerja di singapore wkwkwkwk.

buat yang mau masuk bidang multimedia juga, kalo flash jangan lupa belajarin ActionScript, flash tiap seri makin lama makin canggih, kayak flash CS3 bisa import dari psd langsung, actionscript dipake banget soalnya biar bisa bikin flash application gitu ga cuman flash animation

kalo actionscript dah jago, buat multimedia belajarin 3d juga biar ga terbatas pada 2d doang.

kalau itu udah jago juga, dan mau lebih jago lagi kalo bisa belajarin ASP ato ASP.NET (tapi ini mata kuliahnya anak IT ato SI, jadinya ga gitu perlu, tapi kalo bisa belajarin juga) soalnya kerjaan sini banyak yg perlu itu juga.

tadinya gw mau kul di raffles tapi dah dapet kerja gw postpone deh itu kul, cari duid dulu, kemahalan sih raffles (gile goceng $sing bo per beberapa bulan). gw dah liat hasil kerja anak anak "bachelor raffles" (temen gw kul di sono dan dia dapet buku taonannya jg) wah, kurang lebih kayak anak2 digital studio punya, banyak sih yang kreatif juga, tp banyak yg jelek juga, setelah pernah kerja, yang keliatan dari sebagian anak-anak raffles punya portfolio itu "mentah".

misalnya gw ada liat orang bikin website macam portal gitu, tapi rata2 cuman tau design, Ok pengaturan design sama bentuknya udah bisa dipakai di dunia kerja, tapi rata2 ga tau informasi apa yang harus ditampilkan pada website portal, kenapanya, iklan sebaiknya dimana, dimana efisiennya, jadi kalo browsing jangan cuman liat bentuk websitenya, tapi informasi apa ditampilin di mana dan pikir kenapa nya juga.

dan seperti anak digital studio college lainnya, sangat banyak projek idealis yang membuat kita merasa "ini gueh banget geto looh" yaah macem2 berantakan tapi secara design keliatan bagus dan mungkin sangat mencerminkan diri tiap orang, dimana saat kerja boro boro gw bisa bikin yang begituan, toh dikasihnya project corporate2 doang, paling maksimal juga design iklan buat otomotif yg bisa rada keren2an.

tapi yaah itu projek kalian, kalo mau bikin projek idealis, kapan lagi, kalo dunia kerja ga dapet gituan, biarlah pas kuliah bikin gituan. yang penting ngerti gimana bikinnya


If you like this post, please sign up for free email updates.


Tidak ada komentar: